Di tengah kesibukan kehidupan sehari-hari, Relawan Lingkar Dokter Peduli (LDP) Jakarta dan Niagara Adventure Sukabumi menjalin kerjasama luar biasa untuk menyelenggarakan kegiatan pengobatan gratis bagi warga. Pada hari Minggu (28/01/2024), kegiatan mulia ini digelar di titik kumpul Niagara Adventure, Jalan Raya Pelabuhanratu km 27, Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Antusiasme warga sangat terlihat ketika mereka bersedia mengikuti pengobatan gratis ini, memanfaatkannya untuk menyampaikan keluhan kesehatan yang dirasakan, menjalani pemeriksaan kesehatan, dan mengecek kondisi kesehatan mereka.

Kegiatan Bakti Sosial

Tidak hanya pengobatan, tetapi juga ada bazar murah yang memudahkan warga untuk mendapatkan barang-barang berguna. Beberapa barang dapat diperoleh secara gratis, sementara yang lain hanya dengan membayar dua ribu rupiah atau lima ribu rupiah. Anak-anak juga terlibat dalam kegiatan kreatif seperti menggambar, mewarnai, dan membuat mainan dari kertas lipat yang disediakan oleh Relawan LDP.

Dr. Aina Dahlia, Ketua Relawan LDP Jakarta, menyampaikan, “Hari ini adalah bagian dari kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh LDP bekerja sama dengan Niagara Adventure. Kami menyediakan layanan pengobatan umum, perawatan gigi, dan pemeriksaan darah.” Beliau menambahkan bahwa kegiatan serupa dilakukan setiap enam bulan di Jakarta, tetapi ini adalah pertama kalinya di Sukabumi, dan diharapkan dapat dilakukan secara berkala di sana.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa banyak masyarakat memiliki keluhan seperti pusing karena bekerja, masalah lambung, dan tekanan darah tinggi. Ini menggambarkan pentingnya kegiatan semacam ini dalam mendeteksi dan merawat berbagai masalah kesehatan masyarakat.

Pengobatan Gratis Perdana

Manajemen Niagara Adventure, diwakili oleh M. Wijanarko, menyatakan kegembiraan mereka dalam menyelenggarakan pengobatan gratis pertama kali. Meskipun awalnya mereka merencanakan sunatan massal, dampak pandemi COVID-19 membuat mereka beralih ke inisiatif kemanusiaan ini. Wijanarko berharap bahwa kegiatan bakti sosial ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan berlanjut di masa depan.

Salah satu warga, Ibu Heni dari Kampung Sugeman Desa Sukaharja, menyampaikan terima kasihnya kepada LDP dan Niagara Adventure. “Alhamdulillah, kegiatan ini sangat membantu warga Kampung Sugeman dan Desa Sukaharja. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut karena sangat membantu kami,” ujarnya dengan antusias.

Inisiatif ini tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan, tetapi juga menciptakan ikatan emosional yang kuat antara relawan, penyelenggara, dan masyarakat. Semangat kemanusiaan ini memberikan gambaran bahwa kerjasama seperti ini memiliki dampak positif yang mendalam bagi kesejahteraan bersama.

Rate this post
Recommended Posts