Dalam hal pariwisata, wisatawan mempunyai beragam opsi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu di antaranya adalah wisata olahraga. Jenis wisata ini tidak hanya sekadar jalan-jalan, tetapi juga memberikan kesenangan dan kenangan yang tak terlupakan. Beneran? Iya dong, simak penjelasannya di sini. 

Salah satu objek wisata olahraga yang memanfaatkan aliran sungai yang deras adalah arung jeram. Akan tetapi, masih ada wisata lainnya yang banyak digemari oleh para wisatawan. Singkatnya, wisata ini diyakini mampu membantu kamu untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh kamu. 

Berikut ini adalah deretan wisata air yang paling digemari masyarakat di Indonesia.

Arung Jeram

Wisata arung jeram sangat cocok bagi penggemar adrenalin yang mencari sensasi yang menegangkan. Bahkan, wisata ini memiliki Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) dan menjadi cabang olahraga favorit di beberapa provinsi di Indonesia.

Dilansir dari Halodoc, mengarungi jeram sungai mampu meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya itu, tetapi juga mampu memompa adrenalin yang memadukan kolaborasi, bakat, dan kekuatan alam. Misalnya, arung jeram di Sungai Citatih yang dikelola oleh Niagara Adventure, memiliki aliran sungai yang cenderung stabil.

Fly Fishing

Suasana memancing memberikan pengalaman yang tenang dan introspektif di pinggiran aliran sungai. Pemancing dapat menguji kemampuan mereka menaklukkan ikan yang sulit dipancing sambil menikmati kedamaian dan ketenangan alam. 

Di samping itu, topografi sungai yang ada di Indonesia, seperti di Kalimantan dan Sulawesi, adalah rumah bagi berbagai spesies ikan langka, seperti Hampala Barb, Giant Snakehead, dan Mahseer. 

Kano dan Kayak

Sensasi bermain kano dan kayak sangat cocok bagi siapapun, khususnya kamu yang menginginkan pendekatan yang lebih personal dan penuh petualangan dalam menjelajahi sungai sesuai dengan kecepatan setiap individu. Bentuk wisata olahraga ini terbagi menjadi berbagai tingkat kemampuan, baik itu mendayung santai di sepanjang sungai yang tenang hingga di atas jeram yang agak deras.

Beberapa destinasi yang cukup populer di antaranya adalah Pulau Seribu Jakarta, Laut Luas Adventure, dan Kali Sipon Tangerang. Ketiganya memberikan sensasi wisata yang berbeda untuk berbagai tingkat keahlian.

Riverboarding

Wisata olahraga air ini cukup populer di Indonesia, terutama di daerah dengan arus sungai yang deras, seperti Bali dan Jawa Barat. Misalnya, Sungai Citarum di Bandung, yang diinisiasi oleh pemilik perusahaan peralatan outdoor di lingkungan tersebut.

Sebelum turun ke sungai, peserta harus mengenakan helm, rompi pelampung, dan papan. Biasanya, pemandu bersiaga untuk membantu siapa saja yang mengalami hambatan saat mengarungi sungai.

Paddleboard

Bagi kamu yang suka cara yang lebih santai untuk menikmati sungai, stand up paddleboard (SUP) merupakan pilihan yang tepat. Wisata ini menjadi populer karena aksesibilitasnya dan keunikan yang ditawarkannya. Apabila tertarik buat mencobanya, kamu bisa mengunjungi Sungai Opak dan Jembatan Kretek di wilayah Bantul, Yogyakarta.

Cara bermainnya cukup sederhana, yakni mulailah dengan berlutut di papan selancar, lalu berdiri secara perlahan dan jaga keseimbangan. Gunakan dayung untuk mengarungi sungai, dan jangan lupa untuk memakai tali agar papan tetap melekat pada kaki kamu.

Rate this post
Recommended Posts