Di bumi pertiwi ini, terdapat berbagai pilihan bagi para pencari sensasi dan pecinta alam. Sebagai contoh, arung jeram Dufan dan rafting Citarik. Di satu sisi, Dufan adalah taman bermain bagi pengunjung yang berjiwa muda. Di sisi lain, Sungai Citarik merupakan spot wisata yang menawarkan jeram yang dapat memacu adrenalin. 

Pada dasarnya, Dufan tidak hanya menawarkan wisata arung jeram, tetapi juga roller coaster dan atraksi lainnya. Sementara di Citarik, kamu bisa fokus menjajal wisata rafting yang disertai dengan pemandangan alam yang masih asri. Dengan kata lain, pilihlah lokasi liburan yang sesuai dengan preferensi dan minat kamu.

Lebih jauh, saat mengarungi jeram di Sungai Citarik, kamu tidak hanya duduk manis seperti halnya di Dufan, melainkan kamu bakal ikut andil untuk mendayung dan menjaga keseimbangan perahu. Meski begitu, keduanya tidak hanya sekadar tempat berlibur, tetapi juga spot yang memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Ah, masa sih? Simak penjelasannya di bawah ini.

Aspek Keamanan dan Keselamatan

Dari segi keamanan, Dufan menyediakan instruktur yang terlatih dan panduan yang jelas sebelum memulai arung jeram. Sedangkan spot wisata rafting Citarik mengandalkan instruktur lokal yang terlatih dan berpengalaman, serta panduan langsung di lapangan.

Kedua tempat tersebut menyediakan peralatan yang memenuhi standar keselamatan diri seperti pelampung dan helm. Tidak hanya itu, setiap pengunjung juga wajib mematuhi protokol keselamatan yang ketat baik sebelum maupun sesudah bermain arung jeram.

Sarana dan Prasarana

Di sekitar Dufan, terdapat beragam pilihan akomodasi mulai dari hotel hingga penginapan berbayar lainnya. Sementara itu, di sekitar Sungai Citarik, pilihan akomodasi yang terdekat lebih terbatas dan sebagian fasilitasnya sederhana.

Dalam hal lain, Dufan memiliki restoran dan toko suvenir dengan beragam pilihan. Sementara di area Sungai Citarik, mempunyai fasilitas tambahan yang berfokus pada makanan lokal dan suvenir handmade.

Keunikan dan Daya Tarik

Arung jeram di Dufan menawarkan sensasi yang cenderung santai dan adrenalin yang moderat. Sementara di Sungai Citarik, kamu bakal mengarungi sungai yang masih alami, serta sedikit lebih ekstrem dan menegangkan. Singkatnya, keduanya memiliki daya tarik yang dapat memenuhi keinginan dan minat kamu.

Selain itu, dalam hal daya tarik wisata, arung jeram dufan lebih cocok bagi pengunjung yang mencari kesenangan dan hiburan bersama keluarga. Sedangkan arung jeram citarik, sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai tantangan dan keindahan alam pegunungan.

Harga dan Diskon

Harga tiket di Dufan tergolong lebih mahal dibandingkan dengan Citarik. Sebelum mencobanya, kamu harus membayar tiket masuk dan Dufan dengan jumlah sebesar Rp 235.000 (Weekdays) dan Rp 282.000 (Weekends), sedangkan di Citarik hanya merogoh kocek sebesar Rp 230.000. Meski harganya tergolong tinggi, pengalaman yang ditawarkan sepadan dengan fasilitas dan hiburan yang disediakan.

Di satu sisi, Dufan biasanya menawarkan paket diskon untuk wisatawan pada waktu tertentu. Di sisi lain, Citarik lebih sering memberikan diskon untuk kunjungan berkelompok atau rombongan.

Rate this post
Recommended Posts