Di Indonesia, setiap wilayah memiliki beberapa destinasi wisata arung jeram yang menarik, antara lain Pangalengan dan Citatih. Kedua spot ini menawarkan pengalaman yang berbeda, meski keduanya menjanjikan sensasi yang tak terlupakan bagi para wisatawan. 

Di Pangalengan, kamu bakal terpesona oleh keindahan hutan yang alami saat mengarungii jeram sungai. Sementara di Sungai Citatih, terdapat medan terjal yang dihiasi dengan tebing dan air mengalir yang terlihat seperti kristal. Kemudian, jeramnya juga cukup tangguh, di mana setiap belokan bakal memacu adrenalin kamu. 

Untuk selengkapnya, berikut adalah perbedaan antara arung jeram pangalengan dan citatih.

Lokasi Wisata

Pangalengan, sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dikenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Sungai-sungai di Pangalengan, seperti Cikahuripan dan Cikajang, menjadi tempat favorit untuk menjajal arung jeram. Aliran sungainya yang menantang dan pemandangan alam yang memukau menjadikan Pangalengan sebagai destinasi arung jeram yang populer.

Sementara Sungai Citatih, terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Sungai ini terkenal dengan badan sungai yang lebar dan pemandangan alam yang memukau. Arung jeram di Citatih menawarkan pengalaman yang seru dan menegangkan bagi para penggemar olahraga ekstrem.

Karakteristik Aliran Sungai

Meski keduanya menawarkan paket wisata arung jeram, sensasi berwisata di Sungai Pangalengan dan Citatih sangat berbeda. Salah satu contohnya adalah karakteristik arus sungai. Aliran sungai di Pangalengan cenderung lebih cocok untuk pemula dan keluarga karena tingkat kesulitan II-IV. Sementara di Citatih, sungainya lebih tenang namun tetap menantang dengan tingkat kesulitan III-IV.

Karena derasnya jeram, perahu karet kamu bisa saja tidak bergerak atau bahkan malah terguling. Dengan demikian, misi kamu adalah mendayung perahu melawan arus bersama teman-teman hingga mencapai titik akhir. 

Biaya dan Paket Wisata

Harga paket wisata arung jeram Pangalengan dan Citatih cukup beragam, tergantung pada operator dan jenis paket yang dipilih. Biasanya, paket arung jeram sudah termasuk biaya sewa perahu karet, perlengkapan dan peralatan, serta makanan ringan. Misalnya, paket rafting pangalengan dengan minimal 10 orang, seharga Rp 330.000. Sedangkan paket rafting citatih dengan harga Rp 245.000 untuk minimal 10 orang.

Penting untuk diingat, setiap penawaran mempunyai kelebihannya masing-masing. Karena itu, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kamu. 

Makanan dan Kuliner Lokal

Setelah selesai mengarungi sungai, jangan lupa nikmati makanan lokal yang lezat di daerah sekitar. Di Pangalengan, kamu bisa mencicipi segarnya ikan bakar, sate maranggi, karedok atau masakan tradisional Sunda lainnya. Sementara di Citatih, kamu bisa menikmati sajian lezat seperti surabi, nasi liwet, ikan goreng dan sayur asem.

Selain itu, tempat kuliner yang cukup dekat dari lokasi rafting, di antaranya adalah saung kapinis dan rumah makan sindang seret. Di kedua tempat ini, kamu bisa mencicipi surabi keju serta mi kocok dan karedok yang cukup terkenal lho! Jadi, jangan lupa mencobanya.

Rate this post
Recommended Posts