In Blog, Rafting

Pernah gak kamu terpikirkan tentang apa yang membuat arung jeram menjadi petualangan yang menyenangkan dan menuntut fisik? Sementara sensasi menaklukkan jeram dan menavigasi melalui pemandangan yang menakjubkan tentu menambah kegembiraan, ada lebih banyak manfaat daripada yang terlihat. Arung jeram melibatkan kekuatan otot, sehingga mengubahnya menjadi latihan bagi tubuh. Kali ini, kita akan mengungkapkan otot-otot yang akan dilatih selama pengalaman memompa adrenalin ini.

Meskipun arung jeram tampak seperti rekreasi atau piknik, arung jeram merupakan olahraga ekstrim dengan beragam manfaat. Berikut ini deretan manfaat olahraga arung jeram untuk kesehatan:

Memelihara Sistem Kardiovaskuler Tetap Sehat

Arung jeram juga memiliki efek kardio. Dengan kata lain, rafting merupakan kegiatan intens yang membutuhkan daya tahan dan stamina yang setara dengan senam aerobik. Karena itu, kemampuan fisik dan mental dibutuhkan dalam kegiatan wisata arung jeram karena adanya tantangan alam. Bahkan, sekali mengarungi arung jeram, kamu pasti akan ketagihan. Mengapa? Karena arung jeram bagus dari segi kesehatan.

Meniadakan Stress dan Membangkitkan Adrenalin

Tantangan alam dalam arung jeram memang menambahkan khas rekreasi selain menguji adrenalin, karena lokasi Arung Jeram biasanya di wilayah hijau dan sejuk. Kamu bisa menikmati suasana yang tenang di sela hiruk pikuk ketegangan. Ketika melintasi jeram, kamu akan berteriak keras, seolah-olah terlepas dari semua masalah. Alhasil, kamu pun akan merasa excited dan stres yang membebani pikiran akan hilang.

Meningkatkan Daya Tahan Otot

Berarung jeram di Niagara Adventure dapat meningkatkan kemampuan atau kapasitas jantung dan paru-paru, kekuatan dan daya tahan otot, serta fleksibilitas sendi bahu dan pinggang. Tidak hanya itu, tapi juga manfaat olahraga Arung Jeram yaitu tubuh bisa merasa lebih bugar.

Selain itu, otot perut, otot obliques, dan otot punggung bawahmu memainkan peran penting dalam mendukung tubuh kamu saat melintasi jeram. Mereka membuat kamu seimbang di rakit dan memungkinkan untuk membuat perubahan cepat dalam menghindari penghalang dan tetap di trek.

Mendorong Kepercayaan Diri

Seperti yang terlihat, arung jeram bukanlah olahraga yang sederhana untuk diikuti. Namun, kegembiraan karena telah mencoba dan berhasil mengarungi sungai yang deras berasal dari wisata arung jeram. Pencapaian ini dapat menambah kepercayaan diri dan membuat kamu lebih menghargai diri sendiri.

Mempererat Hubungan Sosial

Selain dari segi fisik, arung jeram membangun hubungan emosional dengan lingkungan dan sesama rekan kamu. Olahraga ini memberikan pengalaman yang bermakna dan menarik secara emosional karena sinergi otot dan air, rasa pencapaian bersama setelah mengatasi jeram yang menantang, dan pemandangan yang menakjubkan.

Arung jeram melibatkan olahraga kelompok. Penting untuk disadari bahwa koordinasi dan kolaborasi juga diperlukan dalam olahraga ini. Yang terpenting adalah saat berada dalam kelompok, kamu bisa meningkatkan kemampuan kolaborasi sambil memperkuat ikatan dengan rekan satu tim kamu.

Rate this post
Recommended Posts