Pada zaman yang dinamis ini, kerjasama tim bukan hanya sekadar ucapan, ini menjadi faktor kesuksesan. Benarkah demikian? Menurut sebuah studi oleh Stanford University, orang-orang yang merasa mereka adalah bagian dari tim, 37% darinya lebih mungkin untuk terlibat di tempat kerja. Dengan kata lain, rasa memiliki dari tujuan bersama harus dipupuk oleh kerjasama tim.

Apabila karyawan memiliki pikiran yang harmonis, maka mereka bisa memaksimalkan peran mereka masing-masing untuk mencapai tujuan bersama. Tetapi bagaimana caranya menumbuhkan semangat kolaboratif? Ajak karyawan kamu bermain game teamwork sederhana di Niagara Adventure untuk mempererat silaturahmi dan meningkatkan produktivitas setiap karyawan.

Jadi, berikut ini adalah game teamwork yang sederhana tapi bermakna bagi karyawan.

Simulasi Telepon

Simulasi telepon atau The Telephone Game adalah permainan komunikasi yang melatih pentingnya cara menyampaikan pesan yang jelas dan ringkas. Karena itu, persiapkan fasilitator yang akan mengatur jalannya permainan. Arahkan peserta untuk duduk melingkar dan tentukan suatu pesan yang ingin dibisikkan dari satu orang ke orang berikutnya. 

Cara Bermain

Langkah pertama, fasilitator membisikkan pesan kepada orang pertama dalam lingkaran. Lalu, orang itu membisikkan pesannya kepada orang berikutnya, dan seterusnya, sampai mencapai orang terakhir. 

Setelah itu, orang terakhir harus mengatakan pesan dengan keras. Apabila terdengar berbeda dari aslinya, maka dinyatakan gugur.

Mata Tertutup

Dalam permainan ini, satu anggota tim ditutup matanya, sementara yang lain membimbing mereka melalui rintangan hanya menggunakan instruksi verbal. Penting untuk disadari, permainan ini menekankan pada kepercayaan, pendengaran yang aktif, dan komunikasi yang efektif.

Cara Bermain

Pertama, peserta yang ditutup matanya berdiri di titik awal. Kedua, peserta yang lain memberikan instruksi verbal untuk membimbing mereka melewati rintangan. 

Terakhir, peserta yang ditutup matanya harus mendengarkan isyarat verbal yang diberikan oleh rekan satu tim mereka supaya bisa menaklukkan rintangan.

Tebak Kata

Pada dasarnya, permainan ini sangat interaktif karena mendorong kreativitas dan kerjasama tim. Peserta bergiliran menggambar ilustrasi dari suatu kata atau frasa sementara tim mereka mencoba menebak apa itu. Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan menumbuhkan rasa persahabatan.

Cara Bermain

Satu anggota dari setiap tim memilih kata atau frasa dari daftar yang ditentukan. Selanjutnya, mereka mencoba menggambar ilustrasinya di papan tulis atau kertas. 

Lalu, rekan satu tim mereka mencoba menebak kata dalam batas waktu yang ditentukan. Apabila anggotanya menebak dengan benar, maka mendapatkan poin.

Ruang Pelarian

Tantangan ruang pelarian mensimulasikan pengalaman “terkunci” di sebuah ruangan. Saat terkunci, peserta harus memecahkan teka-teki untuk melarikan diri. 

Permainan ini mengharuskan tim untuk aktif berkomunikasi, serta memanfaatkan keterampilan pemecahan masalah dan kolaborasi.

Cara Bermain

Bagilah peserta menjadi beberapa tim dan tempatkan mereka di ruangan terpisah. Setiap tim harus bekerja sama untuk memecahkan teka-teki dalam batas waktu yang ditentukan untuk “melarikan diri” dari ruangan. 

Perhatikan baik-baik petunjuk, benda, dan dinding untuk menemukan persamaan atau perbedaan. Bekerja sama dan bersenang-senang dengan tim adalah inti dari permainan ini.

Bangun Menara

Umumnya, permainan ini melibatkan tim yang membangun menara setinggi mungkin hanya dengan menggunakan bahan tertentu. Kegiatan ini memerlukan kreativitas, pemikiran strategis, dan kerjasama tim agar dapat merancang dan membangun struktur yang stabil.

Cara Bermain

Tentukan menara mana yang tertinggi, terkuat, atau paling kreatif. Siapkan bahan bangunan yang dipilih dan pastikan setiap orang memiliki bagian yang adil. 

Lalu, setel timer untuk memberikan dorongan motivasi. Terakhir, mulailah merancang dan membangun menara yang sesuai dengan ekspektasi tim.

Simpul Tangan

Pada permainan ini, peserta wajib berdiri melingkar dan setiap orang meraih tangan dua orang lainnya. Hal ini dilakukan untuk membentuk “simpul” tanpa melepaskan tangan satu sama lain. Singkatnya, kegiatan ini tidak hanya seru tetapi juga mengasah kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan kerja sama. 

Cara Bermain

Beri instruksi ke semua orang untuk mengulurkan kedua tangan mereka dan pegang tangan seseorang di seberang lingkaran (bukan seseorang di sebelahnya). Lepaskan diri kamu tanpa harus melepaskan tangan satu sama lain. 

Kamu bisa melewati bagian atas atau bawah lengan satu sama lain, tetapi tangan kamu harus tetap berpegangan dengan teman kamu. Apabila ingin membuatnya lebih menantang, atur timer untuk setiap sesi permainannya.

 

 

Rate this post
Recommended Posts