Sudah tahu belum kalau belajar memanah bisa meningkatkan fokus dan koordinasi tangan dan mata kamu? Saat bermain panahan, kamu bisa mendapatkan kiat dan strategi untuk memenangkan permainan. Kamu juga dapat belajar memilih peralatan yang tepat, menyempurnakan teknik menembak, dan mengakali lawan dengan taktik cerdas.

The Archery War Game adalah olahraga yang menggabungkan keterampilan memanah dengan outbound team building. Setiap pemain dibekali busur dan anak panah kesederhanaan dan yang berfungsi untuk “mengeliminasi” lawan. Permainan outbound ini mirip dengan dodgeball, tetapi praktiknya dengan memanah.

Game Perang Panah telah berkembang selama beberapa dekade terakhir. Awalnya terinspirasi oleh pemeragaan sejarah peperangan dan kompetisi panahan ala tradisional. Pada akhirnya, permainan ini berkembang menjadi olahraga rekreasi yang cukup populer di berbagai kalangan.

Gunakan Perlengkapan dan Peralatan

Kalau kamu mau mencoba outbound ini, terdapat berbagai perlengkapan dan peralatan penting yang wajib dipakai, di antaranya adalah:

Busur Panah dan Anak Panah

Penting untuk disadari, busur dan anak panah adalah yang paling utama. Untuk pemula, busur recurve yang berbahan kayu sering digunakan peserta karena modelnya yang sederhana dan kemudahan penggunaannya. Panah yang digunakan dalam Archery War Games biasanya terdapat busa di bagian ujungnya demi keselamatan peserta.

Alat Pelindung

Dalam hal keamanan, menggunakan alat pelindung yang memadai, termasuk pelindung lengan, sarung tangan, dan masker wajah bersifat wajib. Singkatnya, perlengkapan ini sangat penting untuk mencegah cedera saat bermain.

Pakaian dan Aksesoris

Kenakan pakaian yang nyaman dan pas agar dapat membuat kamu bebas bergerak. Hindari barang-barang longgar yang bisa tersangkut di tali busur panah. Selain itu, siapkan tas kecil untuk menyimpan perlengkapan pribadimu.

Pelajari Aturan Main

Sebelum bermain, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui aturan main yang meliputi:

Aturan Dasar

Memahami aturan sangat diwajibkan untuk menciptakan permainan yang adil dan aman. Aturan dasarnya adalah menandai lawan dengan panah sambil menghindari tembakan lawan. Permainan perang panah biasanya dimainkan per babak dan terdiri dari 5-10 pemain.

Sistem Penilaian

Penilaian dapat bervariasi, tetapi umumnya, poin diberikan saat berhasil membidik lawan atau target tertentu. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menanyakan sistem penilaian yang digunakan dalam permainan pada penyedia wisata untuk membuat strategi secara efektif.

Kuasai Sikap

Pada saat bermain panahan, setiap peserta perlu memposisikan tubuhnya dengan cara sebagai berikut:

Posisi Berdiri

Postur berdiri yang tepat sangat penting untuk keberhasilan kamu dalam memanah. Ini memengaruhi keseimbangan, stabilitas, dan akurasi kamu saat bermain.

Cara Berdiri yang Benar

Posisikan kaki dalam kondisi berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan tegak lurus. Lalu, atur lutut kamu sedikit ditekuk dan sejajarkan pinggul dengan bahu saat menghadap target. Buat rileks bahu kamu agar tetap tegap. Terakhir, pastikan posisi kepala tetap tegak dan memperhatikan target.

Pelajari Teknik Menembak

Dalam hal menembak, terdapat beberapa teknikmenembak yang dianjurkan, yakni:

Cara Membidik Sasaran

Membidik dalam permainan panah merupakan gabungan antara teknik dan naluri.  Untuk memastikan bidikan, fokus pada target, sejajarkan pandangan kamu, dan tarik tali busur panah hingga di bawah dagu (titik jangkar).

Teknik Menembak

Cobalah teknik yang berbeda seperti set up (menarik tali sambil memegang busur dan menoleh ke arah target) dan draw (pegang busur dengan posisi tangan yang lurus dan tarik tali busur hingga menyentuh hidung). Konsistensi adalah kuncinya, jadi saat kamu menemukan teknik yang terasa nyaman, tetaplah menggunakannya.

Rate this post
Recommended Posts