APA ITU RAFTING?

Wisata arung jeram adalah kegiatan yang berspesifikasi pada sebuah cara penyelamatan di arus deras. Olahraga murni yang mengandalkan kekuatan, kecepatan dan ketepatan dama bertindak dan juga berpikir. Pada dasarnya tak semua orang bisa berlaku benar di arus deras, tetapi dengan metode latihan terperinci, semua bisa di lakukan dengan baik dan menuju benar. Bukankah alam tak bisa di tebak secara matematika?

APAKAH RAFTING ITU AMAN?

Arung jeram adalah kegiatan yang menggairahkan, mengasyikkan, sedikit liar tetapi menyenangkan. Seperti pada kegiatan petualangan lainnya, wisata arung jeram tetap memiliki resiko dan bahaya. Namun resiko tersebut justru menambah semangat dan menjadi perangsang bagi para penggiat kegiatan ini, sehingga bukan menjadi alasan mengapa orang-orang tidak menyukai kegiatan Arung Jeram.

Para pemandu yang profesional dan berpengalaman akan berusaha untuk meminimalisasi resiko dan bahaya. Bahkan secara statistik, kamu akan lebih aman mengikuti kegiatan arung jeram dibandingkan dengan berkendara didalam kota. Seorang pegawai pemerintahan di Amerika mengutarakan pada suatu penelitian, bahwa angka kecelakaan untuk kegiatan arung jeram masih jauh dibawah sepak bola! Namun tentu saja masih ada resiko dan kamu harus menerima resiko tersebut saat berada di sungai.

BILA TAK BISA BERENANG, BISAKAH IKUT ARUNG JERAM?

Setiap orang yang mengikuti rafting di Sukabumi, akan selalu mengenakan rompi pelampung (life jacket) yang memiliki daya apung tinggi. Pelampung ini akan tetap menjaga kamu berada diatas permukaan air, bahkan pada saat kamu terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai sekalipun. Banyak orang yang tidak dapat berenang mengikuti kegiatan arung jeram dan mereka sangat menikmatinya. Yang paling penting adalah kamu tidak panik saat terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai. Namun, orang yang tidak dapat berenang tidak dianjurkan mengikuti kegiatan Arung Jeram pada sungai yang memiliki tingkat kesulitan class V keatas dan cukuplah menikmati jeram pada sungai dengan tingkat kesulitan class II dan maksimum class IV.

APAKAH DI BUTUHKAN KONDISI TERTENTU SAAT BERARUNG JERAM?

Dalam kegiatan arung jeram selalu menggunakan dayung. Ini artinya kamu akan memegang dayung dan melalukan pendayungan saat berada di atas perahu. Kamu tentunya harus berada pada kondisi yang sehat dan fit saat mengikuti kegiatan arung jeram. Mendayung dapat menyebabkan kelelahan, tetapi pemandu akan memberikan instruksi pada kamu perihal teknik mendayung. Sehingga tidak selamanya saat kamu berada diatas perahu akan melakukan pendayungan.

Jika kamu merasa ragu dengan kemampuan untuk mengikuti kegiatan arung jeram, atau tentang kesehatan kamu, sebaiknya lakukan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan rafting di Sukabumi.

APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN UNTUK BERARUNG JERAM?

Yang harus prepare dari rumah beberapa hal yang harus disiapkan antara lain : pakaian olahraga dan T-shirt sekaligus pakaian ganti selesai rafting, sepatu olahraga atau sepatu jogging, atau bila kamu memiliki sepatu / sandal khusus untuk kegiatan wisata arung jeram akan lebih baik lagi. Perlengkapan mandi (toiletris). Untuk kamu yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait / tali pada kacamata agar tidak mudah terlepas. Jangan lupa untuk memakai sunscreen, tetapi jangan gunakan dikening karena saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata kamu, atau menggunakannya pada kaki bagian belakang, hal ini dapat menyebabkan kamu terpeleset.

JIKA BELUM PERNAH BERARUNG JERAM, TINGKAT KESULITAN MANA YANG TEPAT ?

Sebagai awal, mulailah pada sungai dengan tingkat kesulitan class II atau class III. Namun, jika kamu merasa yakin dengan kemampuan yang kamu miliki, sehat dan haus akan tantangan, kamu dapat mencoba sungai dengan tingkat kesulitan class IV meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Karena pemandu akan melatih kamu terlebih dahulu dan menjelaskan bagaimana cara penyelamatan di sungai serta teknik mendayung. Sedangkan untuk sungai dengan class V, kamu harus memiliki pengalaman pengarungan sungai dengan tingkat kesulitan class IV terlebih dahulu.

BISAKAH ARUNG JERAM UNTUK YANG TELAH BERUMUR?

Untuk kesehatan, orang tua yang masih aktif dan berumur lebih dari 60 tahun masih boleh mengikuti kegiatan arung jeram. Sebagai langkah awal, cobalah pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class I – II. Selanjutnya tergantung pada apa yang dirasakan setelah melakukan pengarungan tersebut. Kamu boleh mencoba pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class III. Karena cukup banyak peserta yang berumur 60 – an sampai 70 – an menikmati kegiatan rafting di Sukabumi.

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA TERLEMPAR DARI PERAHU?

Percaya atau tidak, banyak orang yang menyukai saat terlempar keluar dari perahu! Ini sangat mengasyikkan. Pada awalnya memang dapat menyebabkan disorientasi dan sedikit kewalahan. Namun banyak pula orang yang sudah berkali-kali mengikuti kegiatan arung jeram dan tidak pernah terlempar keluar perahu. Beberapa orang hanya berenang pada pengarungan pertama mereka karena tidak mampu naik kembali keatas perahu atau karena tertinggal jauh dari perahu yang melemparkannya. Ini adalah bagian dari sebuah kegiatan rafting Sukabumi.

Sebelum kamu memulai pengarungan, kamu akan diberikan instruksi apa yang harus dilakukan jika terlempar keluar dari perahu, dan bagaimana berusaha agar tetap aman. Ikuti semua instruksi pemandu, dan jika kamu tetap terlempar keluar perahu, maka berenang akan lebih mengasyikan dalam pengarungan!

Tips di atas adalah metode arung jeram profesional yang kebanyakan di adakan secara profesional juga, lengkap dengan tingkat keamanan dan pemandu yang mengerti arung jeram. Karena kegiatan rafting bukan hanya kegiatan yang main – main mengandalkan kemauan semata, tetapi juga pengetahuan dan mental.

Rate this post
Recommended Posts