Sudah siap untuk bermain arum jeram yang menegangkan? Arum jeram bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi harus dipersiapkan dengan baik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan. 

Berikut adalah lima aspek penting yang harus kamu lakukan sebelum mengarungi sungai.

Riset Destinasi Wisata

Sebelum kamu beranjak mengambil dayung dan jaket pelampung, penting untuk mengerjakan pekerjaan rumah kamu. Teliti tujuan wisata arung jeram yang ingin kamu kunjungi secara menyeluruh. Simak lebih lanjut di bawah ini.

Klasifikasi Sungai

Setiap sungai memiliki tingkat kesulitan di setiap kelasnya. Sungai Kelas I lembut dan cocok untuk pemula, sedangkan sungai Kelas V sangat menantang dan membutuhkan keterampilan tingkat lanjut. Pastikan untuk memilih sungai yang sesuai dengan tingkat keahlian kamu.

Kenali Arus Sungai 

Periksa variasi musiman dalam arus sungai, karena hal itu bisa berdampak pada pengalaman arum jeram. Tingkat air yang tinggi dapat membuat jeram lebih intens, sementara tingkat air yang rendah dapat mengekspos batu dan rintangan.

Provider Tepercaya

Carilah operator wisata arung jeram yang telah berpengalaman selama puluhan tahun dan beroperasi di daerah tertentu. Baca ulasan, periksa rekam jejak keselamatan mereka, dan tanyakan tentang pengalaman dan sertifikasi pemandu. Provider yang berkualitas akan memberi kamu peralatan yang terawat baik dan pemandu berpengalaman.

Bersiap untuk Keselamatan

Keselamatan harus menjadi prioritas utama ketika ingin menikmati sensasi wisata arung jeram. Mulailah dengan memastikan bahwa kamu memiliki perlengkapan yang tepat. Adapun perlengkapan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Perangkat Pelampung Pribadi

Pastikan PFD atau rompi pelampung kamu pas tetapi juga nyaman untuk bergerak. Kuncinya adalah kamu bisa bernapas dengan lancar saat rompi terpasang. Rompi pelampung harus tahan air dan memberikan daya apung, serta perlindungan benturan.

Helm

Pilih helm arung jeram yang terlihat kuat dan selalu kenakan helm selama pengarungan. Ini harus pas dan aman di kepala kamu dan memiliki bantalan yang memadai untuk melindungi dari tabrakan dengan batu atau benda lain.

Dayung

Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran, jadi pilih salah satu yang sesuai dengan tinggi dan jangkauan kamu. Dayung yang pas akan membantu kamu mengayuh lebih efisien dan mengurangi ketegangan.

Pelajari Teknik Penyelamatan

Jika kamu baru mengenal arum jeram atau sudah lama tidak bermain olahraga air, pertimbangkan untuk mengikuti video instruksional atau tutorial dari pemandu arum jeram terkait teknik dasar penyelamatan. Pada dasarnya, pembelajaran tersebut mencakup keterampilan penting seperti di bawah ini.

Cara Mendayung

Pastikan kamu memegang dayung dengan benar. Satu tangan harus berada di dasar dayung pada poros. Sisi lain harus SELALU berada di ujung poros di atas pegangan “T”. Kamu harus mempelajari teknik mendayung, seperti pukulan maju, mundur, boom, dan sebagainya. 

Membaca Arus Sungai

Memahami cara membaca arus sungai dan mengidentifikasi potensi bahaya sangat penting. Kamu akan belajar mengantisipasi dan merespons perubahan kondisi air.

Dengarkan Instruktur

Simak arahan yang diberikan pemandu terkait tata cara penyelamatan diri sebelum memulai pengarungan. Hal itu mencakup prosedur penyelamatan untuk mengajarkan kamu bagaimana membantu diri sendiri atau orang lain jika terjadi keadaan darurat, seperti terbalik.

Bersiaplah Secara Fisik

Wisata arung jeram sangat mengandalkan fisik, jadi penting untuk mempersiapkan tubuh kamu. Selain itu, terdapat beberapa cara untuk membuat tubuh kamu siap menghadapi tantangan fisik arung jeram. Untuk selanjutnya, mari perhatikan di bawah ini.

Berlatih Kardio

Karena arung jeram memerlukan kekuatan fisik, sehingga berlatih kardiovaskular melalui kegiatan seperti berenang, jogging, atau bersepeda sangat dianjurkan. Kesehatan jantung yang baik akan membantu kamu mempertahankan energi selama di atas air.

Perkuat Otot

Lakukan push-up, pull-up, dan chest press untuk mengembangkan otot-otot yang akan digunakan saat mendayung. Mendayung membutuhkan lengan dan bahu yang kuat, dan kekuatan inti membantu menjaga keseimbangan dalam berlayar di atas perahu karet.

Latihan Peregangan

Gabungkan latihan peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas. Ini akan membantu kamu bergerak lebih nyaman di perahu karet dan mengurangi risiko ketegangan otot.

Berkemas dan Berpakaian dengan Benar

Pakaian dan peralatan yang tepat sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan kamu saat bermain arung jeram. Kemudian, penting untuk disadari bahwa hindari pakaian tertentu yang membuat kamu merasa kedinginan. Poin penting lainnya adalah sebagai berikut.

Pakaian Khusus

Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis dan cepat kering seperti polyester, nylon, dan wol. Hindari pakaian yang berbahan dasar serat kapas karena bisa menjadi berat saat basah. Selain itu, kenakan alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung. Hindari memakai crocs dan sandal jepit.

Proteksi Sinar Matahari

Lindungi diri kamu dari sinar matahari dengan mengoleskan krim sunscreen dan memakai kacamata hitam dengan tali. Topi bertepi lebar juga dapat membantu melindungi wajah kamu dari sinar matahari.

Membawa Tas Kecil

Meskipun membawa tas adalah opsional, pastikan bahwa tas yang kamu bawa itu tahan air untuk melindungi barang-barang pribadi seperti dompet dan kamera kamu agar tidak basah selama pengarungan.

Singkatnya, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum menerjang jeram sungai sehingga memberikan pengalaman yang aman dan menyenangkan.

Rate this post
Recommended Posts