Cara pemakaian PFD atau Pelampung

In Rafting

Tips dan cara pemakaian PFD (Personal Floating Device) atau Pelampung atau Life Jakcet adalah memilih PFD yang berwarna cerah, pastikan tidak ada lubang atau jahitan yang terlepas pada PFD tersebut, serta strap yang ada dapat dipasang dan dilepas dengan mudah. Bila bagian perut Kamu lebih besar dari bagian dada, pilih dan pakailah PFD dengan ukuran lebih besar. PFD atau pelampung dipakai seperti menggunakan rompi/jaket. Pastikan setiap strap terpasang dengan benar dan bantalan kepala berada di luar. Atur ke-eratan tali senyaman mungkin, sehingga PFD yang Kamu gunakan tidak terlalu sempit atau longgar. Setelah Kamu selesai memakai PFD, lakukan gerakan berikut :

  1. Pada posisi berdiri, putarkan badan Kamu ke kiri dan ke kanan. Pastikan PFD yang digunakan tidak menghambat gerak tubuh Kamu dan tidak mengalami pergeseran/perubahan posisi. Ini ditandai dengan letak strap tetap pada 1 garis tegak lurus seperti posisi kancing kemeja. Jika terjadi pegeseran, atur kembali ke-eratan tali pada setiap strap yang ada. Jangan malu dan ragu untuk minta guide dan teman Kamu membantu mengatur ke-eratan tali strap ini.
  2. Pada posisi duduk dan kedua kaki diluruskan kedepan, putarkan badan Kamu kekiri dan kekanan lalu lakukan gerakan membungkuk. Pastikan PFD yang digunakan tidak menghambat gerak tubuh Kamu. Jika terjadi pegeseran, atur kembali ke-eratan setiap strap yang ada.
Cara pemakaian PFD atau Pelampung
Beri kami rating

Recommended Posts