Sebelum beraktivitas fisik, penting untuk melakukan pemanasan otot untuk mempersiapkan tubuh. Hal ini berlaku untuk aktivitas seperti arung jeram, yang memerlukan banyak kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi.

Gerakan pemanasan yang baik akan membantu meningkatkan detak jantung dan aliran darah, mengendurkan persendian, dan meningkatkan rentang gerak kamu. Hal ini juga akan membantu mengurangi risiko cedera.

Pemanasan sebelum mendayung penting dilakukan untuk menghindari cedera dan mempersiapkan tubuh menghadapi tantangan fisik saat beraktivitas. Berikut beberapa gerakan pemanasan yang bisa dilakukan untuk meregangkan otot sebelum main arung jeram: 

Deep Squat

Jatuhkan badan kamu ke pinggul sehingga bokong mengenai tumit kamu. Gunakan tumit kamu untuk menopang pinggul dan tubuh kamu. Berlatihlah gerakan itu dengan rileks.

Half Pigeon

Dalam hal ini, kamu bisa letakkan satu lutut yang ditekuk di bangku, dan kemudian meregangkan kaki satunya agak ke belakang. Untuk selanjutnya, pastikan tubuh kamu agak condong ke depan dan bagian dalam paha yang ditekuk sedikit terbuka. Cobalah kedua sisi. Karena ini pemanasan, beri waktu hingga 2 detik di setiap sesi. Jika kamu menggunakannya untuk pendinginan, maka tahan hingga 90 detik. 

Figure Four

Lakukan gerakan ini sambil duduk. Silangkan kaki kamu di lutut kaki lainnya, dan taruh kaki yang menyilang di atasnya untuk didekatkan ke tubuh kamu. Itu akan membuat fleksor pinggul dan bagian dalam pinggul kamu meregang. Sama pentingnya, jika itu pemanasan cukup tahan hingga 2 detik. Sebaliknya, apabila pendinginan tahan selama 90 detik.

Forward Leg Swing

Berdiri tegak dengan kaki menyatu dan taruh lengan ke samping untuk menjaga keseimbangan. Ayunkan kaki kanan kamu ke depan sampai paha sejajar dengan lantai, lalu ayunkan ke belakang sejauh yang kamu bisa. Terus berayun maju mundur selama 30 detik. Ganti kaki dan ulangi, lakukan hingga dua sesi. 

Satchel Lunge

Regangkan satu kaki ke depan dan rendahkan pinggul lurus ke bawah sehingga lutut kamu tidak melebar terlalu jauh. Buat lutut kaki kamu yang satunya menekuk hingga melandai ke lantai atau tanah. Terakhir, ulangi pada kaki lainnya.

Rate this post
Recommended Posts